FAQ

Jika Anda masih memiliki pertanyaan yang belum terjawab, silakan hubungi kami melalui telepon di 0800-1-600-700 atau email kami di contactcenter@mediplus.co.id.

  1. Apa itu Mediplus?

    Mediplus adalah asuransi kesehatan individu dengan pelayanan terbaru dari Siloam mencakup rawat inap, rawat jalan, dan rawat bedah.

    MediPlus tidak menjamin perawatan yang terkait secara langsung atau tidak langsung dengan upaya bunuh diri, pelanggaran hukum, psikosomatis dan/atau gangguan jiwa, kontaminasi radioaktif, penyakit kelamin dan HIV, kosmetika/estetika, olahraga berbahaya, organ tubuh pengganti, protesa, alat bantu, sunat, vaksinasi/imunisasi, kehamilan, hal-hal non medis; kemampuan baca; dan gigi (kecuali akibat kecelakaan).

  2. Apa keunggulan MediPlus dibanding dengan asuransi kesehatan lainnya?

      Asuransi Individu Lain MediPlus
    Rawat Jalan Umumnya hanya menjamin Rawat Jalan akibat Kecelakaan, tetapi ada juga yang menjamin Rawat Jalan akibat Penyakit dengan limit per tahun 12jt-an,  Rawat Jalan, UNLIMITED 
    Limit untuk Kamar Kelas 1 dengan 2 tempat tidur Limit pembedahan ±60juta-an ATAU Limit Rawat Inap ±200juta /tahun Rawat Inap UNLIMITED Rawat Bedah 300juta 
    Masa Tunggu  30 hari NIL
    Pre-existing  12 bulan, 19-22 penyakit  9 bulan, 4 penyakit 
    Pengecualian > 30 poin  16 poin 
    Premi (RI+RJ)  Mulai Rp6 juta per orang  Mulai Rp3.7juta per orang 
    Aplikasi  Deklarasi Kesehatan  TANPA Deklarasi Kesehatan 
  3. Saya sudah memiliki asuransi kesehatan dari kantor atau asuransi pribadi, mengapa saya harus membeli lagi produk ini?

    • Asuransi kesehatan individu biasanya tidak memiliki manfaat rawat jalan (jika ada hanya sebatas rawat jalan akibat kecelakaan), Mediplus menyediakan benefit rawat jalan.
    • Asuransi kesehatan lain biasanya memiliki limit tahunan yang terbatas, dengan MediPlus, Anda dapat menikmati kamar perawatan kelas 1 (2 tempat tidur) di Rumah Sakit terkemuka dengan benefit rawat inap dan rawat jalan optimal.
  4. Dimana saja Saya dapat menggunakan layanan MediPlus?

    Mediplus berusaha memberikan layanan kesehatan yang  efektif, berkualitas dan bermutu. Dengan demikian seleksi ketat dilakukan MediPlus untuk menjadi Rekanan MediPlus. Untuk mengetahui Rekanan MediPlus silahkan lihat di link berikut: https://mediplus.co.id/provider

  5. Bagaimana cara mendaftar via online?

    Hanya dengan 5 langkah mudah, anda dapat langsung terlindungi oleh MediPlus:

    1. Buka www.mediplus.co.id
    2. Pilih paket yang tepat untuk Anda
    3. Ikuti petunjuk pengisian formulir
    4. Lakukan pembayaran
    5. Polis dan konfirmasi kepesertaan akan langsung Anda terima melalui email
  6. Apakah Mediplus memungkinkan penambahan peserta Anak pada periode berjalan?

    Ya. Peserta dapat mendaftarkan peserta tambahan Anak dengan mengisi  Formulir Permohonan Penambahan Anak dan membayar penuh premi 1 tahun pada periode yang sedang berjalan hingga periode polis selesai.

  7. Apakah pembayaran premi Saya sudah diterima?

    Polis yang Anda terima berlaku juga sebagai tanda terima atau kwitansi yang sah.  Jika Anda sudah mendapatkan polis dan e-card di alamat email bapak/Ibu maka pembayaran premi sudah divalidasi dan diterima oleh pihak MediPlus. Jika masih belum menerima polis dan kartu, silahkan menghubungi contact center kami untuk kami bantu telusuri.

  8. Bagaimana prosedur klaim dan syaratnya untuk rawat jalan?

    Kunjungi counter khusus Mediplus di RS/Klinik Rekanan Mediplus dan ikuti 5 langkah mudahnya:

    1. Menunjukkan e-card MediPlus dan Kartu Identitas Diri
    2. Konsultasi dengan Dokter Umum Panel MediPlus. Jika Dokter Umum Panel MediPlus secara medis memandang peserta perlu ke spesialis atau perawatan medis lanjutan, maka Peserta kembali ke Counter MediPlus terlebih dahulu untuk verifikasi. Peserta dapat ke Dokter Spesialis Panel MediPlus yang terdapat pada daftar Dokter Panel MediPlus atau perawatan medis lanjutan yang disetujui MediPlus sesuai rujukan Dokter Umum Panel MediPlus.
    3. Kembali ke Counter MediPlus untuk verifikasi perawatan
    4. Peserta membayar excess (jika ada)
    5. Peserta pulang 
  9. Bagaimana jika Saya belum menerima Polis atau Kartu Peserta setelah membayar Premi?

    Jika Anda belum mendapatkan kartu elektronik (e-card) dalam waktu 1x24 jam sejak pembayaran berhasil (atau 5 hari jika polis dan kartu tercetak), segera hubungi contact center kami di contactcenter@mediplus.co.id atau hubungi 0800-1-600-700

  10. Bagaimana jika kamar kelas 1 dengan 2 tempat tidur penuh?

    Jika kondisi kamar kelas 1 penuh, maka RS rekanan akan mengupayakan ketersediaan kamar, termasuk penyediaan kamar pada kelas yang lebih tinggi tanpa biaya tambahan hingga selesai perawatan.

  11. Apakah diperbolehkan membeli Mediplus jika pengajuan hanya seorang diri?

    Bisa dengan memilih Paket Individu.

  12. Jika Peserta berobat di luar jam operasional Rumah Sakit atau service MediPlus, apakah peserta tetap dapat memanfaatkan MediPlus?

    Peserta dapat langsung datang ke UGD dengan menunjukan kartu MediPlus, dan petugas jaga RS Rekanan akan memverifikasi data peserta yang bersangkutan. 

  13. Bagaimana jika ada komplain atau pertanyaan lanjutan mengenai MediPlus?

    Layanan Peserta Mediplus dapat menghubungi Contact Center MediPlus24 Jam:

  14. Apakah kita bebas memilih dokter yang diinginkan?

    Peserta berobat ke Dokter Umum yang terdaftar di Daftar Dokter MediPlus. Jika dibutuhkan perawatan lanjutan maka Dokter tersebut akan memberikan rujukan ke perawatan selanjutnya seperti Dokter Spesialis yang terdapat pada daftar Dokter MediPlus, Rawat Inap, Rawat Bedah, fisioterapi, maupun pemeriksaan laboratorium atau diagnostic terkait.

  15. Apakah polis dapat dibatalkan dan Premi akan dikembalikan?

    Polis dapat dibatalkan kapan saja. Jika Polis Anda 14 hari atau kurang sejak tanggal penerbitan Polis dan tidak ada peserta dalam Polis Anda yang telah melakukan klaim, maka premi dapat dikembalikan setelah dipotong biaya akuisisi seperti biaya cetak Polis Rp 200.000 dan/atau biaya akuisisi lain sebesar 5% dari total premi yang telah dibayar. Permohonan pembatalan dilakukan di Kantor Operasional LippoInsurance atau apabila Pemohon berada di luar area Jabodetabek, maka permohonan pembatalan dapat dilakukan di Kantor Cabang LippoInsurance.

  16. Apakah surat rujukan yang telah diberikan Dokter sebelum menjadi peserta MediPlus dapat berlaku?

    Tidak dapat berlaku. Peserta wajib mengikuti rangkaian prosedur klaim MediPlus

  17. Kapan Peserta mulai dapat menggunakan Manfaat Mediplus?

    Peserta dapat langsung menggunakan Manfaat Mediplus. Kecuali untuk Penyakit Khusus / Tindakan di bawah ini berlaku Masa Tunggu 9 (sembilan) bulan sejak tanggal efektif, antara lain:

    1. Pembedahan pada Jantung
    2. Pembedahan saraf dan otak,
    3. Kanker
    4. Penyakit Ginjal kronis.
  18. Apa yang menyebabkan pengajuan perawatan ditolak atau biaya tidak dijamin?

    Jika perawatan dilakukan tidak sesuai prosedur MediPlus, dilakukan di luar Rekanan MediPlus, perawatan telah melebihi batas manfaat MediPlus, atau termasuk dalam pengecualian Polis.

  19. Bagaimana cara pembayaran premi?

    Dengan petunjuk yang jelas, pembayaran premi dapat dilakukan dengan:

    1. Setoran tunai via ATM (dengan virtual account BII)
    2. Kartu Kredit
  20. Apakah Obat yang diberikan generik?

    Ya. Obat Generik yang diberikan untuk peserta Mediplus adalah jenis obat yang telah disusun oleh team dokter Mediplus yang telah disesuaikan dengan jenis penyakit yang dikeluhkan oleh Bapak/Ibu, sehingga Bapak/Ibu tidak perlu kuatir akan jenis obat yang diberikan, karena telah disesuaikan sesuai dengan kondisi dan sakit yang dikeluhkan.

Top

Permohonan Kontrak Asuransi Mediplus